Arif's Blog

Lihat Lebih Dekat!

TUTORIAL


Berikut adalah tutorial tentang BLOGGING, dan juga TENSES ENGLISH, Semoga tutorial ini dapat berguna bagi kalian, dan mungkin saja dengan tutorial ini kalian dapat membuat BLOG yang bagus, dalam B. Inggris yang baik....
Amin........

SELAMAT BELAJAR

Monetasi Blog


Monetasi blog adalah cara di mana kau akan mendapatkan uang lewat BLOG, wah Pastinya seru tapi, perlu adanya sebuah usaha juga dong.......... Seperti halnya bisnis di dunia nyata tidak begitu saja orang berhasil seketika........

READ MORE

WELCOME TO THE BLOG ARIF JAINURI

Klik Iklan Blog Kami, Sesukamu, Dan Seikhlas mu......^_^
ARIGATO.......

Penjelasan Future Perfect Tense

Sebelum belajar Future Perfect Tense pastikan Anda sudah memahami dan menguasai yang simple dulu ya seperti Future Tense, Present Tense, Present Continuous Tense dan sebagainya itu. Karena pengetahuan Tense bahasa Inggris itu berkaitan satu sama lain. Dengan memahami yang satu maka yang lain akan terasa jauh lebih mudah. Anda juga perlu membandingkan masing-masing Tense yang sama-sama Continuous, atau yang sama-sama Perfect. Dengan cara itu pemahaman Anda akan menjadi 100% dan rumusnya pun terasa gampang di luar kepala, Trus me! cie.. perlu yakin dong, hehe..

Gimana? Sudah menguasai Bahasa Inggris Tenses sebelum yang satu ini? Kalau Anda memang ingin bisa 100%, maka jadi pembelajar yang patuh itu perlu loh. Nanti kalau sudah bisa tentu boleh tambah kreatif, boleh sok pandai seperti saya, haha..

Ok kita kembali ke topik utama kali ini yaitu Future Perfect Tense.

Future Perfect Tense digunakan untuk menyatakan sesuatu yang “Sudah terjadi, tetapi AKAN”. Akan sudah gitu loh. Kalau Anda buka lagi pelajaran bahasa Inggris tentang Future Continuous Tense maka Future Perfect Tense ini pun akan sangat mudah difahami. Siapa bilang “sudah” itu hanya dulu? Sudah bisa juga “akan”!. Future artinya Akan, Perfect artinya sudah. Pusinglah jadinya tanpa contoh kasus kan?

Ini contoh kasusnya:

Agar jelas, saya ulang lagi contoh Future Continuous Tense ya:

Anda telepon saya dan bilang mau ke rumah saya jam 9 besok. Wah saya nda bisa terima tamu tuh jam segitu, karena pas jam 9 itu saya akan sedang berenang. Jadwal saya renang itu 8:30 sampai 10:00. Jadi jam 9 besok itu sedang renang kan? kapan renangnya? besok!. Itulah arti “sedang tetapi akan” ini. Sekarang Anda faham 100 persen kan? Dalam hal ini kita gunakan Future Continuous Tense ya: “I will be swimming at 9 tomorrow, You may not meet me at home”.
Nah sekarang perhatikan baik-baik!

Dari kejadian di atas, kalo jam 11 kan saya SUDAH AKAN SELESAI berenang kan? Nah, kalo jam 11 besok saya sudah akan selesai berenang. Itulah yang saya maksud dengan SUDAH AKAN ini, Future Perfect Tense: “I will have swum”.

Kok swum? ya, bentuk kata kerja swim dari yang ke-1 sampai ke-3 adalah: swim – swam – swum. Bentuk ING nya swimming

Rumus Future Perfect Tense


Positif: S + will + have + V3
Negatif: S + will + not + have + V3
Tanya: Will + S + have + V3

Lihat tuh, karena Future maka ada Will. Ada juga kata kerja bantu “Have” bentuk pertama karena mengikuti Will. Karena Perfect maka pake Kata Kerja bentuk-3 dan saya tulis V3 (Verb 3).

Contoh Kalimat Positif Future Perfect Tense:
-I will have swum at 11 tomorrow

Dari contoh Future Continuous Tense jadi Future Perfect Tense seperti ini:

-You will have worked …
-They will have driven home …
-She will have learned music …

Silahkan tambahkan contoh sendiri ya untuk Future Perfect Tense ini.

Kalimat Negatif Future Perfect Tense



Mudah saja, sesuai rumusnya, tambahkan NOT setelah Will:
-You will not have worked …
-They will not have driven home …
-She will not have learned music …



Kalimat Tanya Future Perfect Tense


Mudah saja juga, sesuai rumusnya, letakkan Will di depan:
-Will You have worked …
-Will They have driven home …
-Will She have learned music …

Contohnya memang sedikit, tugas Andalah untuk memperbanyaknya, hehe..

Jadi Future Perfect Tense adalah tentang apa? Sudah Akan!. Bukan tentang Akan Sudah? Loh kok mirip ya? memang, bisa juga dibilang begitu. Intinya kan Anda sudah tangkap kan? Jika belum, silahkan baca ulang Contoh Kasus diatas.

Demikianlah tentang Future Perfect Tense.
TERIMA KASIH.........

0 komentar:

Poskan Komentar

Poskan Komentar



 

Pengikut

Follower

Yang Melihat Blog ini

Location Visitor

Statics

Supported By #2